100 Tips SEO untuk Bisnis Kecil
100 Tips SEO untuk Bisnis Kecil
Lihat daftar 100 tips bantuan dan saran SEO bisnis kecil kami:
Tidak ada SEO berarti tidak ada pengunjung dari mesin pencari. Jika Anda tidak melakukannya, mesin pencari tidak dapat mengkategorikan dan memberi peringkat situs Anda untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.
Baik SEO on-site dan SEO off-site diperlukan. Anda tidak dapat mencapai hasil yang baik jika hanya melakukan salah satunya.
Mulai lakukan SEO sekarang. Semakin lama Anda menunda, semakin jauh kompetitor Anda di depan, dan semakin sulit untuk mengalahkan peringkat mereka.
Kenali kompetisi Anda. Cari tahu apa yang telah dilakukan situs-situs yang menempati peringkat halaman pertama untuk kata kunci yang ingin Anda bidik, baik on-site maupun off-site, untuk mencapai posisi tersebut.
Tidak ada dua situs web yang sama. Strategi SEO yang berhasil untuk situs orang lain tidak dijamin akan berhasil untuk situs Anda karena ada banyak variabel.
SEO tidak harus mahal. Anda bisa mendapatkan hasil besar dengan anggaran kecil jika Anda menginvestasikan waktu dalam membuat konten berkualitas dan membangun hubungan online.
Hasil SEO tidak instan. Hasil dari pekerjaan SEO yang dilakukan hari ini mungkin tidak terlihat, dan mungkin tidak diakui oleh mesin pencari, selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.
Semakin baru situs web Anda, semakin sabar Anda harus. Butuh waktu untuk membangun otoritas dan kepercayaan, dan sampai Anda mengembangkan keduanya, Anda tidak boleh berharap untuk mengalahkan peringkat situs yang lebih lama dan lebih mapan.
Jangan pernah menganggap situs web Anda sudah selesai. Jika Anda ingin situs Anda terus memiliki peringkat lebih tinggi, menarik lebih banyak pengunjung, dan menghasilkan lebih banyak penjualan, maka Anda harus selalu menambah dan memperbaikinya.
Beradaptasi dengan pembaruan algoritma. Untuk mencapai dan mempertahankan peringkat yang baik, Anda perlu menyesuaikan strategi SEO Anda seiring dengan evolusi mesin pencari dari waktu ke waktu.
Anda tidak perlu mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari. Mereka telah berevolusi melebihi titik kebutuhan untuk diberi tahu secara langsung ketika situs web baru, atau halaman di situs web, dibuat.
Dapatkan saran langsung dari Google. Melalui Pedoman Webmaster dan Video Bantuan Webmaster mereka.
Jangan mengambil risiko penalti Google. Karena mereka memiliki pangsa pasar pencarian yang signifikan, penalti dari mereka mengakibatkan hilangnya pengunjung situs Anda secara signifikan, dan seringkali jangka panjang.
Ketahui mengapa situs Anda dapat dikenakan penalti. Penyebab umum adalah konten berkualitas buruk, optimasi kata kunci berlebihan, tata letak halaman yang penuh iklan, dan terlalu banyak backlink berkualitas rendah.
Anda pada akhirnya bertanggung jawab atas semua pekerjaan SEO yang dilakukan di situs web Anda. Mesin pencari tidak akan menghapus penalti dengan alasan bahwa Anda tidak melakukan, dan tidak mengetahui spesifikasi, pekerjaan SEO di situs Anda.
Siapkan dan gunakan Google Search Console. Untuk mengetahui, antara lain, kata kunci apa yang digunakan situs Anda dan situs lain mana yang menautkan ke situs Anda.
Siapkan dan gunakan Google Analytics. Untuk mengetahui, antara lain, berapa banyak pengunjung yang diterima situs Anda, kata kunci yang mereka gunakan untuk menemukannya, dan halaman mana yang mereka kunjungi.
Siapkan halaman Google My Business untuk bisnis Anda. Melakukannya membangun kepercayaan dengan Google dan meningkatkan peringkat untuk kata kunci yang terlokalisasi.
Diversifikasi sumber traffic Anda. Google adalah sumber traffic yang bagus, tetapi bergantung 100% pada mereka untuk pengunjung menempatkan Anda dalam posisi yang rentan.
Gunakan Pay Per Click (PPC) selain SEO. Jika Anda mampu melakukan keduanya, maka lakukan keduanya, karena meskipun PPC bisa mahal, Anda bisa mendapatkan pengunjung ke situs Anda segera untuk kata kunci apa pun yang Anda inginkan.
Kualitas rendah berarti risiko tinggi. Backlink berkualitas rendah dan/atau konten on-site berkualitas rendah dapat dengan mudah mengakibatkan situs Anda dikenakan penalti oleh mesin pencari.
Buat konten terutama untuk orang, bukan mesin pencari. Tidak ada gunanya membuat konten yang memiliki peringkat baik jika tidak membantu orang, menarik minat mereka, atau membujuk mereka untuk membeli dari Anda.
Hapus konten duplikat. Anda bisa dikenakan penalti karena memiliki konten yang sama, atau sangat mirip, di beberapa halaman situs Anda.
Hapus, gabungkan, atau tambahkan ke halaman dengan sedikit konten. Memiliki banyak halaman yang ringan konten, dengan waktu tampilan halaman yang singkat, dapat mengakibatkan mesin pencari menurunkan semua peringkat kata kunci situs Anda.
Jangan menyalin konten dari situs web lain. Jika mesin pencari menemukan bahwa konten di situs Anda diambil dari tempat lain, mereka mungkin menurunkan peringkat untuk beberapa, atau bahkan semua, halaman web Anda.
Pastikan konten Anda cukup baik untuk berada di halaman pertama. Jika konten Anda tidak lebih baik dari konten yang sudah ada di halaman pertama untuk sebuah kata kunci, maka situs Anda tidak pantas untuk memiliki peringkat di sana.
Buat konten Anda menarik bagi pengunjung. Semakin menarik, semakin lama orang akan tinggal di situs Anda, dan waktu tampilan yang tinggi memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa situs Anda pantas mendapatkan peringkat yang baik.
Buat video. Mereka meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan orang di situs Anda dan juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan tautan dari situs berbagi video.
Buat statistik/bagan/grafik/infografis. Orang lebih cenderung untuk berbagi dan menautkan ke jenis konten ini daripada konten tertulis biasa.
Lebih banyak konten berarti lebih banyak peringkat, lebih banyak pengunjung, dan lebih banyak penjualan. Mesin pencari menghargai, dan pengunjung lebih mempercayai, situs yang dipenuhi banyak halaman konten berkualitas baik.
Tambahkan blog ke situs web Anda. Melakukannya membuat cepat dan sederhana untuk menambahkan halaman konten baru ke situs Anda.
Buat konten untuk diposting di situs web dan blog lain. Orang jauh lebih mungkin untuk menautkan ke Anda jika Anda memberi mereka konten untuk digunakan di situs mereka.
Seimbangkan pembuatan konten dengan pemasaran konten. Jika Anda membuat konten tanpa memasarkannya, orang akan kesulitan menemukannya, dan jika mereka tidak dapat menemukannya, mereka tidak dapat menautkannya atau membagikannya.
Tulis judul yang unik dan deskriptif untuk setiap halaman. Dalam 55 karakter, Anda perlu membuat topik halaman jelas bagi manusia dan mesin pencari.
Tulis meta description yang unik dan deskriptif untuk setiap halaman. Dalam 160 karakter, Anda perlu menjelaskan topik halaman dengan cara yang membujuk orang untuk mengklik situs Anda daripada situs lain yang terdaftar dalam hasil pencarian.
Riset kata kunci sebelum mengoptimalkannya. Jika Anda memilih kata kunci yang salah, terlepas dari apa yang Anda lakukan untuk SEO on-site dan off-site, Anda akan mendapatkan sangat sedikit pengunjung dan/atau pengunjung yang tidak akan berubah menjadi penjualan.
Gunakan Google’s Keyword Tool. Ini menyediakan daftar kata dan frasa yang baik yang terkait dengan ide kata kunci yang Anda masukkan ke dalamnya.
Dapatkan ide kata kunci dari orang lain. Mereka (pelanggan, pemasok, mitra, teman, dll.) melihat bisnis Anda secara berbeda dari Anda dan mungkin mengaitkan kata dan frasa yang berbeda dengannya.
Targetkan kata kunci yang relevan. Semakin relevan kata kunci Anda, semakin mudah dan cepat untuk mendapatkan peringkat, dan semakin tinggi persentase pengunjung yang akan menjadi pembeli.
Targetkan kata kunci dengan niat komersial. Anda menginginkan pengunjung yang siap membelanjakan uang daripada mereka yang hanya mencari informasi.
Kata kunci long-tail adalah sumber traffic yang bagus. Lebih cepat dan murah untuk mendapatkan peringkat untuk frasa kata kunci yang lebih panjang dan spesifik, dan lebih dari 40% pencarian terdiri dari empat kata atau lebih.
Dedikasikan 1 halaman situs web Anda untuk setiap pengelompokan kata kunci yang sangat terkait yang Anda targetkan. Melakukannya membuat mesin pencari lebih mudah mengkategorikan dan memberi peringkat halaman Anda.
Tambahkan kata kunci di tempat yang tepat. Mereka kurang penting daripada dulu, tetapi Anda tetap harus menyertakannya di URL, judul halaman, meta description, tag header, dan tag alt gambar.
Hindari keyword stuffing. Anda jauh lebih mungkin dikenakan penalti daripada mendapatkan pujian jika Anda menggunakan frasa kata kunci berulang kali di satu halaman.
Backlink memengaruhi peringkat lebih dari yang lain. Jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke situs Anda sebagian besar akan menentukan posisi peringkat situs Anda.
Jangan menetapkan target backlink. Pembangunan tautan harus menjadi proses yang stabil, konsisten, dan berkelanjutan, yang tidak berhenti ketika Anda mencapai jumlah tertentu.
Dapatkan backlink dari sumber yang relevan. Mesin pencari ingin menampilkan hasil yang relevan untuk setiap kata kunci, dan tautan dari halaman/situs yang relevan adalah sinyal kuat bagi mereka bahwa situs Anda relevan.
Dapatkan backlink dari sumber tepercaya. Tautan dari situs tepercaya memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa situs Anda juga tepercaya.
Bersiaplah untuk bekerja keras demi backlink berkualitas tinggi. Umumnya, semakin mudah Anda mendapatkan tautan, semakin kecil nilainya.
Waspadai membayar orang untuk menautkan ke situs web Anda. Membeli backlink bisa, dan memang berhasil, namun, ada risiko yang jelas terlibat jika Anda membeli yang murah dan/atau dari orang yang secara terbuka menjualnya.
Jangan terlibat dalam jaringan tautan. Manfaat mendapatkan tautan dari jaringan rendah, sedangkan risiko dikenakan penalti dan kehilangan peringkat tinggi.
Diversifikasi profil backlink Anda. Dapatkan berbagai jenis tautan dari berbagai alamat IP.
Bangun backlink ke setiap halaman situs web Anda yang ingin Anda peringkatkan. Mintalah orang untuk menautkan ke halaman dalam situs Anda – yang ingin Anda peringkatkan untuk kata kunci tertentu – serta ke beranda.
Hubungan yang sudah ada adalah sumber backlink instan. Beberapa pemasok, mitra, dan pelanggan Anda akan menautkan ke situs Anda jika Anda memintanya.
Dapatkan backlink bagus yang sudah dimiliki kompetitor Anda. Jika seseorang sudah menautkan ke salah satu kompetitor Anda, ada kemungkinan besar mereka juga akan menautkan ke Anda jika Anda memberi mereka alasan yang baik.
Dapatkan beberapa backlink dengan kata kunci target Anda sebagai teks tautan. Jenis tautan ini penting, tetapi harus kurang dari 10% dari profil backlink Anda.
Mayoritas backlink Anda harus bermerek. Profil backlink tanpa banyak tautan bermerek (seperti ‘Nama Perusahaan’ dan ‘www.namaperusahaan.co.id’) memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa Anda telah menggunakan taktik pembangunan tautan manipulatif.
Ketahui siapa yang menautkan ke Anda. Di Google Search Console, buka ‘Traffic’ lalu ‘Links’ untuk memeriksa berapa banyak situs yang menautkan ke situs Anda dan situs mana saja.
Daftar untuk Ahrefs. Melakukannya memberi Anda akses ke data backlink ekstensif untuk situs Anda dan juga situs kompetitor Anda.
Setiap halaman situs web Anda harus ditautkan dari setidaknya satu halaman lain. Mesin pencari tidak menyertakan halaman dalam hasil mereka yang tidak ditautkan secara internal (dari halaman lain di situs yang sama) atau eksternal (dari situs lain).
Miliki tautan langsung dari beranda Anda ke halaman terpenting Anda. Melakukannya meneruskan otoritas dari beranda ke halaman penting Anda dan meningkatkan peringkat halaman-halaman tersebut.
Tambahkan tautan dalam konten ke halaman relevan lainnya di situs web Anda. Meskipun tidak seberharga tautan eksternal, tautan internal tetap meneruskan otoritas dan memberi sinyal kepada mesin pencari halaman mana yang harus diberi peringkat untuk kata kunci mana.
Hapus tautan keluar yang tidak perlu. Hanya tautan ke halaman di situs lain yang menurut Anda akan bermanfaat dan/atau menarik bagi pengunjung situs Anda.
Tautkan ke situs web dan blog yang relevan. Orang umumnya memperhatikan jika Anda menautkan ke mereka, dan jika Anda menautkan ke mereka, ada kemungkinan besar mereka akan menautkan kembali ke Anda jika Anda memiliki situs yang bagus.
Tinggalkan komentar di situs web dan blog yang relevan. Melakukannya membangun kepercayaan dan hubungan dengan orang-orang – baik pemilik situs maupun pengunjung situs tersebut.
Berinteraksi dengan blogger di industri Anda. Semakin baik orang-orang dengan blog yang relevan mengenal Anda (melalui situs sosial, forum, email, dll.), semakin besar kemungkinan mereka akan menautkan ke situs Anda dan berbagi konten Anda.
Hubungi bisnis kecil dengan situs web yang relevan. Hubungan yang baik, di mana Anda saling membantu mempromosikan situs masing-masing, membuat SEO lebih sederhana dan lebih murah untuk Anda dan mereka.
Tulis siaran pers untuk berbagi berita dan opini. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan konten dan tautan dari situs di luar industri dan lingkaran koneksi Anda.
Telepon orang untuk mengembangkan hubungan online. Email dapat dengan mudah diabaikan atau dilupakan, tetapi panggilan telepon tidak terlalu.
Gunakan situs web Anda untuk membangun kepercayaan dan hubungan. Semakin banyak hubungan yang Anda miliki, dan semakin banyak orang yang mempercayai Anda, semakin banyak orang akan membicarakan Anda, menautkan ke Anda, dan, pada akhirnya, membeli dari Anda.
Tambahkan alamat dan nomor telepon Anda ke setiap halaman situs web Anda. Ini membangun kepercayaan dan meningkatkan peringkat jika Anda menargetkan frasa kata kunci yang mengandung nama kota/kabupaten Anda.
Daftarkan diri di direktori industri dan lokal. Kebanyakan direktori tidak ada gunanya, namun, setidaknya harus ada 10 yang relevan dengan area atau industri Anda.
Minta pelanggan untuk meninggalkan ulasan di Google My Business dan direktori lokal. Ulasan positif meningkatkan peringkat Anda dalam daftar lokal Google dan dapat diakses langsung dari hasil pencarian.
Bersikaplah personal dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh bisnis besar. Menunjukkan individualitas dan kepribadian Anda sepanjang proses SEO off-site (email outreach, guest post, Tweet, dll.) membuat orang lain lebih mungkin untuk berinteraksi dengan Anda.
Gunakan situs sosial untuk mempromosikan konten orang lain serta konten Anda sendiri. Orang umumnya tahu jika Anda telah mengambil tindakan di situs sosial untuk membantu mereka, dan jika mereka melihat bahwa Anda telah membantu mereka, kemungkinan mereka membantu Anda sebagai balasannya jauh lebih tinggi.
Tambahkan tombol berbagi sosial ke situs web Anda. Semakin mudah Anda membuat orang untuk berbagi konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan melakukannya.
Media sosial bukan pengganti SEO. Strategi sosial Anda harus menjadi bagian dari, atau harus berjalan bersama dengan, strategi SEO Anda.
Mesin pencari memberi peringkat halaman web, bukan situs web. Apakah suatu halaman memiliki peringkat untuk kata kunci tertentu sangat tergantung pada kualitas halaman individual tersebut, dan bukan kualitas situs Anda secara keseluruhan.
Bisnis kecil dapat memiliki peringkat lebih tinggi daripada bisnis besar. Tidak jarang halaman di situs bisnis kecil memiliki peringkat lebih tinggi daripada halaman di situs perusahaan nasional besar.
Ketahui di mana Anda memiliki peringkat. Di Google Search Console, buka ‘Traffic’ lalu ‘Search Queries’ untuk memeriksa di mana situs Anda memiliki peringkat untuk kata kunci.
Bertujuan untuk berada di 3 teratas, bukan hanya 10 teratas. Jika situs Anda tidak memiliki peringkat di 3 posisi teratas untuk sebuah kata kunci, Anda hanya akan mendapatkan persentase kecil (kurang dari 10%) dari traffic dari pencarian kata kunci tersebut.
Peringkat bisa menyesatkan. Jumlah peringkat halaman pertama yang Anda miliki tidak relevan jika peringkat tersebut tidak berubah menjadi jumlah pengunjung dan, pada akhirnya, penjualan.
Jangan khawatir tentang Domain Authority. Situs dengan domain authority rendah bisa, dan seringkali, mengungguli situs dengan domain authority tinggi.
Pilih antara menggunakan www atau tidak menggunakan www. Pastikan situs Anda diatur untuk dimuat di www.namadomain.co.id atau namadomain.co.id – bukan keduanya.
Terapkan arsitektur situs web yang datar. Setiap halaman situs Anda harus dapat diakses dalam 3 klik dari beranda Anda.
Gunakan struktur URL yang sederhana dan jelas. Orang harus dapat menebak topik halaman hanya dengan melihat URL-nya.
Gunakan tag header. Sertakan variasi frasa kata kunci target Anda dalam tag H1 dan H2 halaman.
Gunakan rich snippets. Mereka menyediakan data tambahan tentang situs Anda ke mesin pencari dan dapat meningkatkan tampilan daftar situs Anda di hasil pencarian.
Gunakan redirect 301. Jika Anda mengubah URL halaman di situs Anda, tetapi tidak mengarahkan URL lama ke yang baru, setiap tautan yang mengarah ke yang lama akan sia-sia.
Siapkan halaman kesalahan 404 yang bermanfaat. Menautkan ke konten terbaik Anda dari halaman 404 Anda berarti pengunjung yang melihatnya cenderung tidak meninggalkan situs Anda.
Optimalkan gambar Anda. Sertakan frasa kata kunci target halaman, atau variasinya, dalam nama file dan tag alt gambar pada halaman tersebut.
Optimalkan situs web Anda untuk pengguna seluler. Situs Anda perlu jelas dan mudah digunakan bagi orang yang mengaksesnya menggunakan smartphone dan tablet.
Periksa kompatibilitas browser dan resolusi layar. Situs Anda perlu dirender dengan benar di setiap browser web (Chrome, IE, Safari, dll.) dan resolusi layar (1366×768, 1024×768, 800×600, dll.).
Maksimalkan kecepatan loading situs web Anda. Gunakan alat kecepatan situs Google dan terapkan rekomendasi yang mereka berikan kepada Anda.
Gunakan perusahaan web hosting yang andal. Peringkat kata kunci situs Anda akan diturunkan jika situs Anda secara teratur tidak dapat diakses.
Cadangkan situs web Anda secara teratur. Jika Anda kehilangan data situs, Anda juga kehilangan peringkat Anda, karena mesin pencari dengan cepat menghapus situs yang tidak akan dimuat dari hasil mereka.
Tetap up-to-date dengan berita dan tren SEO. Baca situs seperti Search Engine Watch, Search Engine Land, dan Moz.
Jika Anda tidak tahu, tanyakan pada seseorang. Jika Anda memiliki pertanyaan, ajukan di forum SEO online atau hubungi konsultan SEO.
Ajukan banyak pertanyaan kepada konsultan SEO. Jika Anda akan menyewa seseorang, Anda akan mengambil risiko yang lebih kecil jika Anda mengetahui banyak tentang mereka dan strategi mereka.
Berinteraksi dengan konsultan SEO Anda. Semakin banyak Anda tahu tentang SEO, dan semakin banyak konsultan tahu tentang bisnis Anda, semakin baik hasilnya.