Bagaimana Bisnis Kecil Bisa Mengalahkan Bisnis Besar ke Puncak Google

Bagaimana Bisnis Kecil Bisa Mengalahkan Bisnis Besar ke Puncak Google

Meskipun memiliki situs web besar yang mapan dan/atau anggaran SEO yang besar memberikan keuntungan bagi bisnis besar untuk mencapai puncak Google, ini tidak berarti bisnis kecil tidak dapat bersaing dengan mereka. Ada banyak contoh situs web bisnis kecil yang menempati peringkat lebih tinggi daripada situs web merek besar di Google. Namun, kesalahan yang sering dilakukan banyak bisnis kecil, yang hampir menghilangkan peluang mereka untuk mengungguli pesaing yang lebih besar, adalah menargetkan kata kunci yang salah.

Sebagai contoh, bisnis kecil yang menjual asuransi tidak akan mampu menempatkan situs web mereka lebih tinggi daripada perusahaan terbesar yang beroperasi di industri hipotek untuk kata kunci ‘asuransi’. Perusahaan-perusahaan besar tersebut sangat mapan secara online, dan akan menginvestasikan begitu banyak dalam SEO setiap bulan, sehingga kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun bagi bisnis kecil untuk menempati peringkat 5 teratas untuk kata kunci tersebut. Pada saat mereka berhasil, mereka mungkin bahkan tidak lagi digolongkan sebagai bisnis kecil.

Kembali ke contoh asuransi, ‘asuransi rumah’, ‘asuransi jiwa’, dan ‘asuransi mobil’ juga akan terlalu kompetitif bagi bisnis asuransi kecil untuk menempatkan situs web mereka, tetapi ada banyak frasa 3, 4, dan 5 kata yang mengandung ‘asuransi’, yang mendapatkan ratusan pencarian per bulan, yang secara realistis dapat mereka capai di puncak Google, terutama jika mereka menyertakan lokasi (kota, kota besar, atau wilayah) dalam frasa tersebut.

Untuk frasa kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik tersebut, mungkin masih ada bisnis besar yang menempati peringkat di halaman pertama, namun, bisnis kecil dapat mengungguli mereka, dalam jangka waktu yang wajar dan tanpa mengeluarkan banyak uang, karena ada poin penting yang sering terlewatkan – Google memberi peringkat halaman web, bukan situs web. Mereka ingin mengembalikan halaman web spesifik terbaik untuk sebuah query pencarian, terlepas dari apakah halaman tersebut ada di situs web bisnis kecil atau bisnis besar.


 

Kekuatan Halaman Web Individu

 

Fakta bahwa Google memberi peringkat halaman web alih-alih situs web mungkin terlihat seperti hanya masalah semantik, tetapi itu membuat perbedaan besar dalam hal praktis. Itu berarti bahwa untuk memiliki peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu, bisnis kecil tidak harus membuat seluruh situs web yang lebih baik daripada situs yang saat ini ada di halaman pertama untuk kata kunci tersebut, mereka hanya perlu membuat halaman web yang lebih baik daripada halaman spesifik yang saat ini menempati peringkat di halaman pertama untuk kata kunci tersebut.

Perusahaan besar mungkin memiliki anggaran besar untuk situs web mereka, tetapi mereka tidak dapat membuat halaman yang hebat dan relevan untuk setiap frasa kata kunci yang terkait dengan industri mereka, dan itu meninggalkan jendela peluang bagi bisnis kecil, bahkan di industri yang kompetitif. Untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut, mereka perlu membuat konten berkualitas tinggi (yang lebih baik daripada konten yang saat ini ada di halaman pertama) yang sangat erat kaitannya dengan kata kunci yang ingin mereka targetkan.


 

Pentingnya Backlink Berkualitas Tinggi

 

Untuk menempati peringkat lebih tinggi daripada bisnis besar untuk kata kunci tersebut, bisnis kecil perlu melakukan lebih dari sekadar membuat halaman konten berkualitas tinggi – mereka juga perlu mempromosikannya. Mereka perlu memberi tahu orang-orang tentang konten tersebut sehingga orang lain dapat menautkannya. Sangat penting hal ini terjadi karena Google sebagian besar mengandalkan tautan untuk mengevaluasi kualitas halaman web.

Ini bukan kasus lurus-lurus halaman web mana yang memiliki tautan terbanyak maka akan menempati peringkat tertinggi, tetapi itu adalah tren umum, meskipun kualitas backlink tersebut juga sangat penting. Jadi, untuk menempati peringkat lebih tinggi daripada halaman di situs web yang mapan untuk kata kunci tertentu, bisnis kecil pada dasarnya perlu mendapatkan lebih banyak backlink berkualitas baik yang mengarah ke halaman yang relevan di situsnya daripada yang mengarah ke halaman yang relevan di situs yang mapan.

Sayangnya, ini tidak sepenuhnya setara, karena bisnis besar membutuhkan lebih sedikit backlink untuk menempatkan halaman di situs mereka karena sebagian dari kepercayaan dan otoritas yang terkumpul di seluruh situs mereka dialihkan ke setiap halaman di dalam situs mereka. Sulit untuk memberikan angka pasti, karena ada begitu banyak variabel yang terlibat, tetapi kerugian ini berarti bahwa bisnis kecil mungkin perlu memperoleh 10-30% lebih banyak tautan dari situs web pihak ketiga ke halaman di situsnya daripada yang dimiliki bisnis besar ke halaman di situsnya jika mereka bersaing untuk kata kunci yang sama.


 

Strategi Pemasaran Konten yang Efektif

 

Mendapatkan situs web pihak ketiga untuk menautkan ke konten mereka adalah kunci jika bisnis kecil ingin bersaing dengan yang lebih besar. Mungkin diasumsikan bahwa bisnis besar juga memiliki keuntungan di sini, karena orang akan lebih cenderung menautkan ke mereka, tetapi itu hanya benar sampai batas tertentu. Orang mungkin memang lebih cenderung menautkan ke konten di situs web yang mapan, tetapi itu hanya karena mereka lebih mungkin menyadarinya.

Orang tidak lebih suka menautkan ke konten di situs web perusahaan besar. Mereka ingin menautkan ke konten yang bagus, terlepas dari apakah itu ada di situs yang mapan atau tidak. Yang perlu dilakukan bisnis kecil adalah tidak hanya membuat konten terbaik yang terkait dengan frasa kata kunci, tetapi juga memastikan konten tersebut terlihat oleh orang yang tepat. Siapa orang-orang itu? Mereka yang memiliki situs web dan mereka yang aktif terlibat di situs media sosial.

Melakukan ini membutuhkan waktu, tetapi tidak perlu biaya uang. Ini hanyalah masalah menjangkau dan membangun hubungan dengan orang yang tepat. Bisnis kecil sebenarnya memiliki keuntungan di sini, karena mereka bisa bersifat personal dan unik dengan cara yang tidak bisa dilakukan perusahaan besar, dan sebagai hasilnya, orang lebih mungkin untuk merespons dan berinteraksi dengan bisnis kecil daripada perusahaan besar.

Orang terbaik untuk memulai adalah mereka yang saat ini menautkan ke halaman web di halaman pertama untuk kata kunci yang ingin mereka bidik. Jika bisnis kecil memiliki halaman di situs mereka yang memiliki konten lebih baik daripada halaman di situs web lain yang sudah ditautkan oleh seseorang, maka ada kemungkinan besar bahwa situs web yang menautkan akan menautkan ke konten bisnis kecil tersebut daripada, atau selain, konten yang saat ini mereka tautkan. Siapa pun dengan blog atau situs web terkait juga layak dihubungi.

Jika bisnis kecil itu otentik dan ramah dalam menjangkau orang, maka orang-orang tersebut, setidaknya beberapa dari mereka, akan merespons. Orang akan merespons, jika mereka didekati dengan cara yang tepat, karena itu juga demi kepentingan mereka – mereka ingin menautkan ke konten terbaik tentang suatu topik. Melakukan hal itu menambah nilai pada situs web mereka sendiri dan meningkatkan pengalaman yang didapatkan pengunjung situs mereka.

Proses ini – memilih kata kunci yang tepat, membuat konten terbaik, dan memastikan konten tersebut dilihat oleh orang yang tepat – membutuhkan waktu dan hasilnya tidak instan, tetapi itu berhasil dan memungkinkan bisnis kecil untuk bersaing dengan yang besar. Bisnis kecil mana pun dapat melakukan ini, terlepas dari industri tempat mereka beroperasi, jadi tidak ada alasan bagi bisnis mana pun untuk mengatakan bahwa tidak mungkin bagi mereka untuk mencapai puncak Google.