Citation untuk SEO Lokal

Citation untuk SEO Lokal

Apa itu Citation SEO Lokal?

 

** Citation adalah referensi online untuk nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) bisnis Anda.** Sama seperti tautan ke situs web Anda, Google menggunakannya saat mengevaluasi otoritas online bisnis Anda. Namun, tidak seperti tautan, citation tidak perlu ditautkan ke situs web bisnis Anda agar Anda mendapatkan kredit darinya. Jadi, memiliki NAP Anda yang tercantum dalam teks biasa itu tidak masalah.

** Partial citation adalah citation yang hanya mencakup sebagian dari NAP Anda** – mungkin nama dan nomor telepon Anda atau nama dan alamat Anda. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi tidak semenguntungkan full citation. ** Full citation adalah citation yang mencakup NAP lengkap bisnis Anda.** Tidak peduli bagaimana informasi itu tercantum secara visual (horizontal atau vertikal), selama semuanya ada. Ini adalah contoh full citation:

SEOexpert, 34 Links Drive, Birmingham, West Midlands, B91 2DL (0330001152)

Agar citation membantu strategi SEO lokal Anda, penting bahwa itu persis cocok dengan NAP di situs web Anda dan di halaman Google My Business Anda. Format yang Anda pilih untuk citation Anda tidak penting, tetapi memilih satu format dan menaatinya adalah penting. Anda harus 100% konsisten dalam nama (singkatan? Pt.?), alamat (nomor suite? lantai?), dan nomor telepon (+62? spasi atau tidak ada spasi?) yang digunakan saat membangun citation.


 

Mengapa Citation Penting?

 

Bersama dengan tautan dan ulasan, ** citation adalah faktor utama yang digunakan Google saat memutuskan urutan peringkat bisnis dalam hasil pencarian lokal mereka.** Bagi mereka, logis bahwa bisnis yang banyak disebut secara online layak mendapatkan peringkat yang lebih tinggi daripada yang hampir tidak disebut sama sekali, terutama jika sebutan tersebut ada di situs web yang relevan dalam hal lokasi dan/atau topik.

Google menggunakan citation untuk memverifikasi keakuratan detail kontak dalam daftar bisnis lokal mereka juga, karena mencantumkan alamat atau nomor telepon yang kedaluwarsa, salah, atau dipalsukan, terlihat buruk bagi mereka dan menyebabkan orang mempertanyakan keandalan hasil pencarian mereka. Jika NAP yang sama persis tercantum di 50+ situs web yang berbeda, maka kemungkinan besar informasinya benar, dan Google dapat lebih yakin dalam menunjukkan NAP tersebut kepada pencari.

Alasan lain mengapa citation penting adalah, selain membantu meningkatkan peringkat bisnis Anda di hasil pencarian lokal, mereka meningkatkan kesadaran umum bisnis Anda dan menyediakan lebih banyak cara bagi orang untuk menemukan Anda secara online. Semakin banyak tempat NAP bisnis Anda tercantum, semakin tinggi kemungkinan orang melihatnya, dan semakin banyak orang yang melihatnya, semakin besar jumlah orang yang akan menghubungi Anda.


 

Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Citation?

 

Merupakan kesalahpahaman umum bahwa satu-satunya tempat untuk mendapatkan citation adalah dari direktori – baik yang lokal maupun yang spesifik industri – tetapi itu tidak benar. Direktori adalah tempat yang baik untuk mendapatkan citation, tetapi blog, forum, situs media sosial, dll., juga bagus. Jadi, jangan membatasi diri Anda hanya mempertimbangkan direktori sebagai sumber citation. Beberapa sumber alternatif untuk citation meliputi:

  • Siaran pers

  • Bylines artikel dan guest post

  • Situs tanya jawab

  • Deskripsi gambar dan video

  • Halaman profil

  • Tanda tangan forum

Namun, tempat terbaik untuk memulai citation adalah direktori, dengan yang berikut direkomendasikan untuk bisnis lokal di Indonesia:

Bergantung pada lokasi dan jenis bisnis Anda, Anda seharusnya dapat mendaftarkan bisnis Anda di setidaknya 75% dari daftar tersebut. Semuanya menyediakan opsi daftar gratis, yang biasanya tidak akan mengizinkan tautan ke situs web Anda, tetapi itu baik-baik saja untuk tujuan membangun citation. Saat mendaftar untuk direktori ini, lakukan hal berikut:

  • Siapkan alamat email baru khusus untuk pendaftaran, karena Anda pasti akan berulang kali menerima email spam/pemasaran setelahnya.

  • Berikan detail sebanyak mungkin, termasuk, jika berlaku, jam buka, deskripsi, foto, dll.

  • Klaim kepemilikan dan/atau verifikasi daftar di semua situs yang mengizinkannya.

  • Jangan menautkan ke situs hanya karena mereka mengatakan mereka hanya akan menautkan ke Anda jika Anda menautkan ke mereka.

Mendaftarkan bisnis Anda di direktori tersebut adalah awal yang baik, tetapi Anda tidak boleh berhenti di situ. Anda harus mencari tahu di mana pesaing Anda memiliki citation dan mencoba menirunya. Anda dapat menemukan citation pesaing Anda dengan mencari di Google nama pesaing dan kode pos mereka. Untuk melakukan ini, cari di Google kata kunci yang ingin Anda bidik. Lihat halaman Google My Business untuk setiap bisnis di halaman pertama daftar bisnis lokal dan catat nama dan kode pos setiap pesaing.

Selanjutnya, cari di Google setiap pesaing menggunakan query pencarian ini:

“Nama Bisnis Pesaing” AND “Kode Pos Pesaing” -site:http://www.situswebpesaing.co.id

Sebagai contoh, untuk mengetahui di mana situs ini terdaftar, Anda akan mencari di Google ini:

“JasaSEOTerbaik” AND “Surabaya” -site:https://www.jasaseoterbaik.id

Penting bahwa Anda menggunakan kedua tanda kutip dan AND dalam query pencarian, dan juga untuk mengecualikan hasil dari situs web bisnis itu sendiri (menggunakan -site:http://www.), agar hasil tetap sesingkat mungkin. Telusuri 5-10 halaman pertama hasil pencarian untuk setiap pesaing dan catat URL di mana bisnis mereka dikutip dan milik Anda tidak.

Untuk setiap pesaing yang Anda analisis, Anda akan menemukan mulai dari segelintir hingga ratusan citation. Pesaing Anda mungkin akan memiliki citation dari beberapa direktori yang disebutkan di atas, tetapi mereka juga akan dikutip di tempat lain – situs web, blog, forum, dll. – yang spesifik untuk lokasi dan/atau industri Anda.

Setelah menggabungkan sumber citation untuk setiap pesaing, dan menghapus duplikat, Anda seharusnya memiliki antara 10 dan 100 sumber tambahan yang berpotensi Anda dapatkan citation darinya. Beberapa citation tersebut akan mudah didapat, dan hanya akan melibatkan pendaftaran di situs web, sementara yang lain akan lebih sulit, dan mungkin mengharuskan Anda untuk menelepon seseorang atau menulis artikel untuk situs mereka.

Pada akhir proses ini, dengan citation SEO dari direktori, citation pesaing Anda, dan citation dari sumber alternatif, Anda seharusnya dengan mudah memiliki total 50+ citation, yang, dalam sebagian besar kasus, akan lebih dari yang dimiliki pesaing Anda. Namun, pembangunan citation untuk SEO lokal seharusnya tidak hanya menjadi proses satu kali. Anda harus selalu waspada terhadap peluang baru untuk mencantumkan NAP bisnis Anda, dan Anda juga harus menganalisis ulang citation pesaing Anda untuk sumber citation baru setiap 6 bulan.