Panduan SEO 2 Menit untuk Pemilik Bisnis Kecil
Panduan SEO 2 Menit untuk Pemilik Bisnis Kecil
SEO untuk bisnis kecil tidak harus rumit. Anda bisa meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencari dan mendatangkan pengunjung ke situs web bisnis Anda dengan berfokus pada 4 hal: pemilihan kata kunci, pembuatan konten yang baik, optimasi on-site, dan backlink.
Pemilihan Kata Kunci
Pemilihan kata kunci adalah titik awal dalam proses SEO untuk bisnis kecil. Anda harus memilih kata kunci yang relevan langsung dengan bisnis Anda, yang benar-benar dicari orang, dan yang tidak terlalu kompetitif untuk anggaran Anda. Pilih kata kunci yang tepat — batasi diri Anda sekitar 5 untuk memulai — dan Anda bisa mendapatkan hasil yang baik dengan anggaran kecil.
Pembuatan Konten Berkualitas
Setelah memilih kata kunci, Anda harus membuat 1 halaman konten untuk setiap kata kunci tersebut. Konten yang Anda buat harus memenuhi niat dan kebutuhan orang yang mencari kata kunci itu. Konten tersebut juga harus lebih baik dari konten yang sudah ada di halaman pertama untuk kata kunci pilihan Anda.
Optimasi On-Site
Setelah konten baru dibuat, Anda perlu menambahkan kata kunci untuk setiap halaman ke URL, judul halaman, meta description, dan tag header halaman tersebut. Ada lebih banyak hal dalam proses optimasi on-site daripada hanya menambahkan kata kunci di tempat-tempat tersebut, tetapi itulah hal terpenting yang harus dilakukan dan memiliki efek terbesar pada peringkat Anda.
Backlink
Membuat konten yang baik dan mengoptimalkannya dengan benar akan menghasilkan situs web Anda masuk ke peringkat mesin pencari, tetapi mungkin tidak setinggi yang Anda inginkan. Jumlah dan kualitas backlink — tautan dari situs lain yang mengarah ke situs Anda — yang akan menentukan apakah situs Anda masuk ke halaman pertama hasil pencarian.
Secara umum, untuk menempati peringkat di halaman pertama untuk sebuah kata kunci, situs Anda perlu memiliki lebih banyak backlink yang relevan dan berkualitas baik daripada situs yang saat ini menempati peringkat di halaman pertama untuk kata kunci tersebut. Meniru backlink yang sudah dimiliki situs-situs di halaman pertama adalah tempat yang baik untuk memulai. Cari tahu siapa yang menautkan ke mereka dan tanyakan apakah mereka juga akan menautkan ke situs bisnis Anda.
Anda juga harus meminta mitra/pemasok/pelanggan/teman untuk menautkan ke situs Anda dan membangun hubungan dengan bisnis dan blogger yang memiliki situs relevan dengan milik Anda serta meminta mereka untuk menautkan ke situs Anda juga. Hasil SEO tidak instan, jadi backlink yang Anda dapatkan mungkin tidak akan dikreditkan oleh mesin pencari selama berminggu-minggu, namun, seiring waktu peringkat Anda akan meningkat dan Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda.