Situs Web Bisnis Kecil – Apa yang Diharapkan Pengunjung?


Get a Quote

Situs Web Bisnis Kecil – Apa yang Diharapkan Pengunjung?

Ekspektasi orang ketika mengunjungi sebuah situs web sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ekspektasi mereka ketika mengunjungi sebuah toko atau kantor. Mereka berharap…

  • Dapat menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

  • Pertanyaan mereka terjawab dengan mudah dan cepat.

  • Melihat bukti bahwa mereka dapat mempercayai Anda.

Itulah yang orang pedulikan. Mereka tidak terlalu peduli jika aspek desain berwarna merah atau biru, atau seberapa hebat menurut Anda suatu produk atau layanan. Mereka ingin masuk, mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan keluar lagi. Beberapa mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak persuasi, jadi Anda juga harus melayani mereka, tetapi fokus utama harus pada percepatan proses pemberian apa yang orang inginkan.

Navigasi

Tidak perlu menyimpang dari tata letak desain standar dengan menempatkan logo Anda di bagian atas halaman, bilah navigasi atas, dan/atau bilah sisi. Tautkan ke halaman terbaik dan terpenting Anda langsung dari area navigasi utama Anda, dan jangan memenuhi area navigasi tersebut dengan menautkan langsung ke halaman sekunder dari sana.


Halaman

Lihat di Google Analytics, dan perhatikan halaman mana yang paling banyak dilihat orang dan yang paling lama waktu melihatnya. Halaman-halaman itulah yang harus Anda tautkan langsung dari area navigasi utama Anda. Jika Anda menyertakan halaman di sana yang tidak dilihat orang atau tidak lama waktu melihatnya, maka halaman tersebut hanya menghalangi dan mengganggu orang.


Font

Orang berharap dapat dengan mudah membaca situs Anda, jadi bermain amanlah dalam hal gaya dan ukuran font. Orang tidak pernah mengeluh tentang teks yang menggunakan Arial atau Arial dengan ukuran 13px atau lebih. Jangan khawatir akan terlihat “membosankan”. Anda perlu membuat orang terkesan dengan apa yang Anda katakan, bukan seberapa modern dan bergaya Anda menata apa yang Anda katakan.


Ajakan Bertindak (Call To Action)

Jangan menyembunyikan atau membingungkan orang tentang apa yang Anda ingin mereka lakukan. Jika Anda ingin orang membeli dari situs web Anda, beritahu mereka dengan jelas dan lugas “Anda bisa membeli ini – di sini dan sekarang”. Jika Anda ingin orang menelepon Anda, beritahu mereka dengan jelas dan lugas “Telepon nomor ini dan kami akan menjawab dan membantu Anda”. Letakkan ini di bagian atas dan bawah setiap halaman.


Informasi Produk/Layanan

Jika Anda ingin orang membeli dari Anda, Anda harus memberi tahu mereka sebanyak mungkin tentang apa yang Anda ingin mereka beli. Beritahu mereka apa yang sebenarnya Anda tawarkan, apa manfaat membelinya, dan mengapa mereka harus membelinya dari Anda. Setiap pertanyaan yang pernah diajukan seseorang kepada Anda tentang produk atau layanan tersebut, jawablah di halaman tempat Anda berusaha membuat orang melakukan pembelian.


Gambar

Sebuah gambar dapat bernilai seribu kata, dan dapat langsung menunjukkan kepada pengunjung apa yang akan sulit dan/atau memakan waktu untuk disampaikan dalam kata-kata. Foto produk apa pun yang Anda jual adalah pilihan yang jelas, tetapi jika Anda menjual jasa alih-alih produk, maka tunjukkan beberapa foto Anda saat melakukan layanan. Foto Anda dan/atau karyawan Anda serta tempat bisnis juga membantu. Jangan membatasi diri hanya pada foto; grafik dan bagan yang menunjukkan manfaat juga sangat membantu.


Detail Kontak (Alamat, Nomor Telepon & Alamat Email)

Beberapa orang akan menemukan situs web Anda dan segera menghubungi Anda, beberapa orang akan menjelajah dan kemudian menghubungi Anda, dan beberapa orang tidak akan pernah menghubungi Anda. Cantumkan ini di setiap halaman dan sertakan peta jika Anda berharap orang mengunjungi Anda, cantumkan jam buka Anda jika sesuai.


Tentang Kami (About Us)

Sebutkan siapa Anda? Apa yang membuat Anda berbeda? Jelaskan pengalaman apa yang Anda miliki, seperti nama, tanggal, dan tempat.


Bukti Sosial (Social Proof)

Tunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya dan populer. Sertakan Testimoni. Sediakan tautan ke halaman media sosial Anda.