Tips & Saran SEO Lokal
Tips & Saran SEO Lokal
Tips SEO lokal ini ditujukan untuk bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas mereka di hasil pencarian lokal, yaitu hasil di mana Google menampilkan 3 bisnis lokal dan peta di atas hasil pencarian normal mereka.
Bergantung pada bisnis Anda, dan bagaimana situs web Anda diatur, Anda mungkin tidak dapat menerapkan semua tips ini, tetapi menerapkan bahkan 75% di antaranya sudah cukup bagi sebagian besar bisnis lokal untuk memiliki peringkat tinggi di hasil pencarian lokal.
- Miliki alamat di kota yang Anda targetkan. Tanpa alamat di sana, Anda tidak dapat menempati peringkat di hasil pencarian lokal untuk lokasi tersebut. Namun, Anda masih bisa menempati peringkat di hasil pencarian normal untuk kata kunci terlokalisasi, yang ditampilkan di bawah daftar bisnis lokal.
- Buat dan verifikasi daftar Google My Business Anda. Setelah membuat daftar Google My Business Anda, verifikasi alamat Anda (dengan memasukkan kode PIN yang dikirimkan kepada Anda) dan alamat email (dengan mengklik tautan dalam email yang dikirimkan kepada Anda).
- Hapus daftar Google My Business duplikat. Jika nama, alamat, atau nomor telepon bisnis Anda termasuk dalam lebih dari satu daftar Google My Business, maka hapus daftar duplikat jika Anda memiliki detail login untuknya, atau laporkan ke Google jika Anda tidak memiliki detail login untuknya.
- Lengkapi sepenuhnya daftar Google My Business Anda. Sertakan alamat, nomor telepon, URL situs web, jam buka, kategori bisnis, dan setidaknya 5 foto. Daftar yang tidak lengkap memiliki sedikit peluang untuk memiliki peringkat tinggi.
- Tentukan halaman situs web mana yang akan dicantumkan di halaman Google My Business Anda. Nilai apakah beranda Anda, halaman lain di situs Anda (kontak, tentang kami, layanan, dll.) atau halaman yang baru dibuat paling relevan, dalam hal optimasi on-site (tag judul, tag header, konten tertulis, dll.), untuk disertakan dalam daftar Anda.
- Gunakan nomor telepon lokal. Sertakan nomor telepon, dengan kode area yang terkait dengan kota yang Anda targetkan, baik di daftar Google My Business Anda maupun di halaman spesifik situs web Anda yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda.
- Konsisten dengan nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda. Pastikan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda sama persis dengan nama bisnis, alamat, dan nomor telepon di halaman spesifik situs web Anda yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda.
- Permudah orang untuk menghubungi dan/atau menemukan Anda. Letakkan alamat, nomor telepon, dan alamat email bisnis Anda di posisi yang jelas dan menonjol (yang tidak memerlukan orang untuk menggulir ke bawah untuk melihatnya) di setiap halaman situs Anda dan tambahkan formulir kontak ke sidebar atau footer situs Anda.
- Tambahkan peta lokasi bisnis Anda ke situs web Anda. Cari alamat bisnis Anda di Google Maps, klik tombol ‘Tautan’ untuk mendapatkan kode embed peta, dan sertakan kode tersebut di situs web Anda – idealnya di halaman spesifik situs web Anda yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda, tetapi jika tidak, maka di halaman kontak Anda.
- Sertakan lokasi dan kata kunci Anda di halaman landing page situs web Anda. Sertakan lokasi dan kata kunci utama yang ingin Anda bidik di judul, tag header, dan konten tertulis di halaman spesifik situs web Anda yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda. Panduan SEO 2 Menit Untuk Pemilik Usaha Kecil.
- Buat halaman terpisah di situs web Anda untuk setiap lokasi yang ingin Anda targetkan. Jika Anda beroperasi di beberapa lokasi, buat halaman baru di situs Anda untuk masing-masing lokasi tersebut, dan optimalkan (tag judul, tag header, konten tertulis, dll.) setiap halaman tersebut secara spesifik untuk satu lokasi tersebut.
- Buat halaman terpisah di situs web Anda untuk setiap produk/layanan yang Anda tawarkan. Buat satu halaman yang merangkum semua produk/layanan Anda dan tautkan halaman tersebut ke halaman lain yang masing-masing mencakup secara detail spesifik salah satu produk/layanan Anda.
- Tulis konten unik untuk setiap halaman situs web Anda. Menggunakan teks yang hampir identik (misalnya, hanya mengubah nama kota) di beberapa halaman situs Anda lebih mungkin membuat seluruh situs Anda dikenakan penalti daripada mencapai peringkat tinggi untuk beberapa kata kunci.
- Pastikan situs web Anda terlihat bagus di berbagai perangkat dan resolusi layar. Jika situs Anda gagal memenuhi harapan pengguna umum (teks yang dapat dibaca, mudah dinavigasi, tidak ada scrolling horizontal, dll.) di desktop, laptop, tablet, dan smartphone, bayar desainer web untuk membuat penyesuaian yang diperlukan pada kode situs Anda.
- Daftarkan bisnis Anda di situs web pihak ketiga. Dapatkan nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda dicantumkan di situs web yang tepercaya dan berotoritas.
- Dapatkan peringkat dan ulasan di daftar Google My Business Anda dan di situs web pihak ketiga. Minta pelanggan untuk menilai bisnis Anda dan meninggalkan ulasan (menyebutkan layanan atau produk tertentu) di daftar Google My Business Anda dan di situs web pihak ketiga (Yell, Yelp, Scoot, dll.). Pastikan peringkat dan ulasan tersebar dalam jangka waktu yang wajar dan bukan palsu.
- Tanggapi ulasan baru. Setiap kali ulasan baru ditinggalkan di daftar Google My Business Anda, masuk ke dasbor akun Anda dan tanggapi. Jika itu ulasan positif, ucapkan terima kasih kepada peninjau. Jika itu ulasan negatif, tanggapi poin-poin yang dibuat oleh peninjau.
- Bangun tautan ke situs web Anda. Bangun tautan ke situs web Anda (beranda dan halaman spesifik situs web Anda yang ditampilkan di daftar Google My Business Anda) dari situs web yang relevan dalam hal topik dan/atau lokasi.
Bacaan Lebih Lanjut
Panduan SEO 2 Menit untuk Pemilik Bisnis Kecil
Layanan SEO Bisnis Lokal & Kecil