Ulasan untuk SEO Lokal

Ulasan untuk SEO Lokal 

Apa itu Ulasan?

 

Ulasan, dalam konteks SEO lokal, mengacu pada ulasan bisnis Anda, yang diberikan oleh pelanggan Anda, dan telah dipublikasikan secara online.

Meskipun setiap ulasan online positif tentang bisnis Anda baik untuk dimiliki, hanya ulasan yang ditinggalkan di tempat-tempat tertentu yang memengaruhi peringkat Anda di hasil pencarian lokal Google. Ulasan yang ditinggalkan di halaman Google My Business Anda adalah yang paling penting, sementara ulasan di situs-sana yang berotoritas, seperti Yelp, Yell, dan Scoot menjadi yang kedua setelahnya.

Ulasan bisnis Anda yang ditinggalkan di blog, forum, situs media sosial, dan direktori lokal serta bisnis yang kurang berotoritas, tidak menjadi bagian dari algoritma pencarian lokal Google. Namun, ulasan di tempat-tempat tersebut tidak sepenuhnya tidak relevan, karena calon pelanggan mungkin masih membacanya dan mendasarkan keputusan pembelian pada ulasan tersebut.

Ulasan biasanya dalam format tulisan (dari satu kalimat hingga beberapa paragraf) dan disertai dengan skor atau peringkat, yang bisa berupa numerik (misalnya 1-5) atau deskriptif (misalnya Buruk – Sangat Baik). Jika hanya skor atau peringkat yang diberikan, bobotnya akan lebih kecil daripada jika diberikan bersama dengan ulasan tertulis.


 

Mengapa Ulasan Penting?

 

Ulasan penting karena tiga alasan: mereka memengaruhi peringkat Anda di hasil pencarian lokal Google, mereka memengaruhi hasil pencarian mana yang diklik, dan mereka memengaruhi keputusan pembelian orang. Ini membuat ulasan sama pentingnya dengan backlink dan citation dalam strategi SEO lokal.

Bahkan jika Anda berhasil menempatkan bisnis Anda di posisi teratas hasil pencarian lokal untuk kata kunci pilihan Anda dengan sangat sedikit ulasan, atau bahkan tanpa ulasan sama sekali, Anda mungkin tidak akan mendapatkan banyak pelanggan baru jika bisnis yang berada di bawah Anda memiliki lebih banyak ulasan dan/atau peringkat yang lebih tinggi daripada bisnis Anda.

Calon pelanggan hampir pasti akan membaca ulasan bisnis Anda, dan juga membandingkannya dengan ulasan pesaing Anda. Tidak seperti teks pemasaran di halaman Google My Business dan situs web Anda, mereka akan menganggap ulasan sebagai pendapat yang tidak memihak tentang layanan yang Anda berikan atau produk yang Anda jual.

Jika mereka melihat bahwa 10 orang telah menilai bisnis Anda sebagai ‘sangat baik’, dan meluangkan waktu untuk meninggalkan ulasan tentang Anda, maka itu adalah sinyal kuat bagi mereka bahwa Anda dapat dipercaya. Ini meminimalkan risiko yang terlibat bagi mereka, dan semakin kecil risiko yang terlibat bagi mereka, semakin tinggi kemungkinan mereka akan menghubungi Anda dan membeli dari Anda.


 

Ulasan Google My Business

 

Ulasan yang ditinggalkan di halaman Google My Business Anda adalah, sejauh ini, dari perspektif peringkat, yang paling penting, karena Google merasa bahwa mereka dapat lebih mempercayai ulasan tersebut daripada ulasan yang ditinggalkan di situs web pihak ketiga. Mereka juga yang paling mungkin dilihat oleh calon pelanggan.

Dari halaman hasil pencarian, di bawah tautan ke situs web bisnis Anda, Google menunjukkan berapa banyak ulasan yang telah ditinggalkan untuk bisnis Anda dan peringkat rata-rata – dari 5 bintang – dari ulasan tersebut. Pencari dapat melihat teks tertulis yang menyertai ulasan dengan mengklik nama bisnis Anda.

Skor Anda dari 5 sangat penting. Jika skor Anda secara signifikan lebih rendah dari pesaing Anda, terutama jika di bawah 3/5, maka sangat sedikit orang yang akan mengklik ke situs web Anda atau halaman Google My Business Anda, bahkan jika Anda berhasil mengamankan peringkat No.1 berkat backlink dan citation yang lebih baik daripada pesaing Anda.

Jika Anda merasa bahwa skor Google My Business untuk bisnis Anda, karena alasan apa pun, tidak adil, maka Anda memiliki dua pilihan: entah meningkatkan skor dengan mendapatkan lebih banyak ulasan dan peringkat positif, atau ‘menandai’ ulasan individual yang Anda rasa tidak adil dan yang menurunkan skor keseluruhan Anda.

Teks ulasan individual, dan detail peninjau, dapat dilihat oleh siapa saja yang melihat halaman Google My Business Anda. Ulasan, secara default, diurutkan berdasarkan seberapa ‘bermanfaat’ mereka, yang ditentukan Google dengan menilai otoritas peninjau, panjang ulasan, dan berapa banyak orang yang telah mengklik opsi di bawah ulasan untuk mengatakan itu bermanfaat.


 

Bagaimana Anda Bisa Mendapatkan Ulasan?

 

  • Langsung meminta/menelepon/mengirim email kepada pelanggan yang sudah ada dan baru.
  • Mengirim pesan kepada orang yang terhubung dengan Anda di jejaring sosial (Facebook, LinkedIn, dll.).
  • Tambahkan tautan ‘tinggalkan ulasan’ di tempat yang menonjol di situs web Anda dan di tanda tangan email Anda.
  • Pasang papan tanda di toko atau kantor Anda yang menunjukkan URL halaman ulasan.
  • Sertakan selebaran tercetak di dalam sesuatu yang Anda berikan atau kirimkan kepada pelanggan yang merinci cara meninggalkan ulasan.
  • Cantumkan URL halaman ulasan di kartu nama dan/atau struk penjualan Anda.

 

Berapa Banyak Ulasan yang Anda Butuhkan?

 

Beberapa jenis bisnis (restoran, penata rambut, montir, dll.) secara alami mendapatkan lebih banyak ulasan daripada jenis bisnis lain (akuntan, pengacara, ahli bedah, dll.). Ukuran lokasi tempat Anda beroperasi juga sangat penting, misalnya, bisnis yang berbasis di London biasanya memiliki lebih banyak ulasan daripada bisnis yang berbasis di Leicester.

Seperti halnya backlink dan citation untuk SEO lokal, kualitas lebih penting daripada kuantitas, jadi ini bukan hanya soal mendapatkan lebih banyak ulasan daripada pesaing Anda. Anda akan berada di posisi yang lebih kuat daripada pesaing jika Anda memiliki 10 ulasan positif, lebih dari 100 kata, dan mereka memiliki 20 ulasan campuran, 1 baris.

Tujuan Anda seharusnya hanya untuk mendapatkan ulasan jujur sebanyak mungkin tentang bisnis Anda. Namun, untuk target yang lebih spesifik, Anda perlu melihat berapa banyak ulasan yang dimiliki pesaing Anda saat ini (dengan memeriksa halaman Google My Business mereka dan profil mereka di situs ulasan pihak ketiga utama) dan terus melacak berapa banyak ulasan baru yang mereka dapatkan setiap bulan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ulasan yang ditinggalkan di Google My Business lebih berharga daripada ulasan yang ditinggalkan di situs web lain. Oleh karena itu, Anda harus memfokuskan upaya Anda untuk membuat orang meninggalkan ulasan di halaman Google My Business Anda, meskipun tidak sepenuhnya mengesampingkan ulasan di tempat lain. Jadi, targetkan untuk mendapatkan 1 ulasan di situs web pihak ketiga untuk setiap 4 atau 5 ulasan yang Anda dapatkan di Google My Business.

Untuk mendapatkan perkiraan jumlah ulasan Google My Business yang harus ditargetkan, jumlahkan berapa banyak ulasan yang dimiliki bisnis yang menempati peringkat di halaman pertama daftar bisnis lokal untuk kata kunci target Anda dan bagi jumlah tersebut dengan berapa banyak bisnis yang ada di halaman pertama. Angka yang Anda dapatkan mungkin akan berada di antara 5 dan 50.


 

Kecepatan dan Konsistensi Ulasan

 

Kecepatan Anda mendapatkan ulasan juga penting, karena lonjakan dan peningkatan tiba-tiba dalam ulasan baru memberi sinyal kepada Google bahwa ada upaya yang dilakukan untuk memanipulasi peringkat mereka. Akibatnya bisa, paling baik, ulasan tersebut diabaikan, dan paling buruk, peringkat Anda turun.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari pola pikir melihat perolehan ulasan sebagai tugas satu kali, atau sesuatu yang hanya difokuskan setiap beberapa bulan, dan yang dapat dengan mudah diselesaikan dengan menghubungi semua pelanggan Anda secara bersamaan (misalnya pengiriman email massal atau sesi panggilan) untuk meminta ulasan.

Sebaliknya, integrasikan proses mendapatkan ulasan ke dalam bisnis Anda dan selalu waspada terhadap setiap peluang ulasan yang muncul. Pendekatan ini juga membuat permintaan ulasan Anda lebih personal dan tepat waktu, yang membuatnya lebih mungkin orang akan merespons secara positif.


 

Tips dan Saran Tambahan

 

  • Sebagian besar situs ulasan, dan Google sendiri, menyatakan bahwa Anda diizinkan untuk meminta ulasan, tetapi Anda tidak diizinkan untuk menawarkan insentif, seperti diskon atau hadiah gratis, agar orang meninggalkan ulasan. Namun, mereka tidak mungkin mengetahui hal ini, kecuali Anda membuat tawaran seperti itu di situs web Anda.
  • Pendekatan ‘jika kami memberikan layanan yang baik maka ulasan akan datang secara alami’ tidak berhasil. Orang tidak terbiasa meninggalkan ulasan online, jadi jika Anda tidak memberi tahu orang bahwa Anda menginginkan/membutuhkan ulasan, Anda akan mendapatkan sangat sedikit ulasan, jika ada.
  • Orang paling responsif untuk memberikan ulasan dalam waktu 3 hari setelah pembelian mereka dari Anda, karena pengalaman mereka dengan Anda masih segar dalam pikiran mereka. Kesegaran itu berarti jika Anda baik dan ramah kepada mereka, mereka akan merasa lebih berkewajiban untuk merespons dengan cara yang sama.
  • Tindak lanjut komunikasi beberapa hari setelah permintaan awal untuk ulasan secara signifikan meningkatkan jumlah ulasan yang akan Anda dapatkan, karena orang sering memiliki niat baik untuk meninggalkan ulasan untuk Anda pada saat permintaan awal Anda, tetapi mereka kemudian teralihkan oleh tugas lain dan melupakannya.
  • Semakin mudah Anda membuat orang untuk meninggalkan ulasan bisnis Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan meninggalkan ulasan. Jadi, jangan hanya mengirim mereka ke halaman ulasan dan mengharapkan mereka tahu apa yang harus dilakukan. Berikan mereka informasi yang jelas tentang apa yang perlu mereka lakukan sebelum memberi tahu mereka ke mana mereka harus pergi.
  • Panjang dan nada ulasan pertama bisnis Anda di situs web ulasan tertentu sering kali memengaruhi panjang dan nada ulasan berikutnya, jadi mintalah orang yang Anda kenal untuk menulis ulasan positif, lebih dari 100 kata untuk Anda di setiap situs ulasan yang Anda targetkan sebelum Anda fokus mendapatkan ulasan dari basis pelanggan Anda.
  • Anda tidak perlu mendapatkan ulasan di setiap situs web tempat Anda mencantumkan bisnis Anda. Selain Google My Business, fokuslah secara aktif hanya pada beberapa alternatif. Pilih situs seperti yell.com, yelp.co.uk, scoot.co.uk, yang keduanya dipercaya oleh Google dan yang memudahkan orang untuk meninggalkan ulasan.
  • Ulasan yang ditinggalkan di halaman Google My Business Anda dapat dicatat sebagai bermanfaat atau tidak bermanfaat oleh orang lain, dengan ulasan yang digolongkan sebagai bermanfaat diberikan bobot lebih dan ditampilkan lebih menonjol. Jadi, mintalah orang yang Anda kenal untuk mengklik opsi ‘Ya’ di bagian ‘Bermanfaat?’ dari ulasan untuk membantu meningkatkan otoritas dan visibilitas ulasan positif.
  • Ulasan yang ditinggalkan di halaman Google My Business Anda oleh seseorang dengan akun Google yang baru dibuat pada dasarnya tidak bernilai, karena Google memiliki sistem penyaringan manipulasi ulasan untuk menjaga dari praktik pembuatan akun baru semata-mata untuk tujuan meninggalkan ulasan.
  • Beberapa ulasan yang dikirimkan ke Google My Business dari alamat IP yang sama (misalnya, dari kantor/toko/rumah Anda) hampir pasti akan secara otomatis ditandai sebagai palsu (bahkan jika tidak) dan tidak akan memiliki efek positif pada peringkat Anda.
  • Mengambil komentar verbal dari pelanggan, atau kutipan dari email mereka kepada Anda, dan mengirimkannya sendiri sebagai ulasan bisnis Anda dapat, secara teori, dilakukan, tetapi untuk menghindari terperangkap dalam filter manipulasi ulasan, Anda perlu mengirimkannya dari alamat IP unik dan dari akun pengguna lama yang memiliki riwayat penggunaan.